Sabtu, 04 Juni 2016

Cara Membuat Kolak Pisang dan Biji Salak dari Ubi Super Mantap


Cara Membuat Kolak Pisang dan Biji Salak dari Ubi Super Mantap.

Kolak Pisang adalah makanan pembuka yang sangat lezat dan bergizi tinggi sehingga sangat cocok untuk menjadi hidangan pembuka Puasa.Pemilihan pisang yang tepat tentunya akan menjadikan kolak terasa lebih lezat dan mantap. 

Biji Salak juga merupakan salah satu makanan pembuka yang sangat lezat , terbuat dari bahan ubi yang kaya akan vitamin dan protein sehingga berbeda dengan bahan lain. 

Tips Cara Memilih Pisang Untuk Bahan Kolak

  1. Beberapa jenis pisang yang cocok diolah untuk bahan baku kolak adalah pisang dengan karakteristik tekstur yang tidak mudah hancur atau lembek sehingga jenis pisang seperti pisang nangka, pisang raja dan pisang tanduk adalah jenis yang paling pas untuk membuat kolak pisang.
  2. Cara menentukan jenis pisang yang tepat dan segar untuk membuat kolak pisang maka lihatlah pada kondisi pisang tersebut. Jika tandannya masih berwarna kehijauan artiny pisang masih segar sementara jika tandan pisang kering dan kecokelatan artinya pisang suda dipanen dalam waktu yang relatif lama.
  3. Cara menentukan pisang yang bagus dari warna kulit pisang , warna yang baik adalah kuning merata, pisang dengan bintik hitam tidak berati pisang tersebut jelek kualitasnya hanya saja pisang dengan kulit yang berbintik artinya sudah mencapai masa kematangannya sehingga tidak cocok untuk kolak pisang karena nanti hasilnya terlalu lembek.
  4. Cara membedakan pisang matang dipohon dengan pisang yang matang karena proses pengeraman, Pisang yang matang di pohon mempunyai rasa yang lebih manis dan tidak asam atau kecut sehingga baik untuk dikonsumsi, cara membedakan pisang yang matang dengan cara diperam adalah pisang tersebut mempunyai ciri warna yang kuning namun teksturnya keras.
  5.  Cara mengolah khusus untuk jenis pisang raja , sebaiknya sebelum diolah menjadi kolak pisang terlebih dahulu dikukus karena saat perebusan pisang akan membuat kuah kolak menjadi kebiruan.

Bahan Membuat Kolak Pisang 

1->1 sisir pisang kepok, siangi
2->500 ml santan kental
3->250 gram gula merah atau gula aren
4->250 ml air
5->5 sdm gula pasir
6->1 sdt garam
7->3 lembar daun pandan

Cara Membuat Kolak Pisang

1-> Rebus gula merah, gula pasir, garam dan air hingga gula larut. Saring kemudian Sisihkan
2-> Didihkan kembali air gula serta tambahkan pandan, dan pisang yang sudah dipotong menyerong
3-> Masak hingga pisang matang (jika suka bisa tambahkan bahan tambahan seperti kolang kaling, nangka atau pacar cina) lalu masukkan santan.
4-> Aduk terus adonan hingga kolak mendidih agar santan tidak pecah. Angkat
      Hias dan sajikan


Resep Kolak Biji Salak

Jangan pernah berpikir biji salak ini terbuat dari biji salak beneran ya..Dilihat secara visual Biji Salak identik dengan warnanya yang coklat dan bulat sehingga kolak ini terkenal dengan Biji Salak. 
Biji salak pada kolak ini rasa nya mirip dengan candil namun bisa dibedakan dengan cara penyajian dan bahan pada masing-masing masakan sehingga akan terasa berbeda kelezatanya. 

Bahan Membuat Kolak Biji Salak

1->500 gram ubi kuning, kukus, kupas, lumatkan
2->250 gram sagu atau tepung kanji
3->100 gram gula pasir dicampur 1/2 sdt garam
4->250 gram gula merah dicampur 1/2 sdt garam
5->500 ml air
6->3 lembar pandan
7->100 gram kanji dilarutkan dengan 250 ml air
8->250 santan kental dicampur 1/2 sdt garam

Cara Membuat Kolak Biji Salak.

1-> Masak santan kental dengan sedikit garam, aduk terus hingga mendidih agar santan tidak pecah. Angkat, Sisihkan.
2-> Campurkan ubi, sagu, gula dan garam. Aduk rata hingga kalis dan bisa dipulung. Ambil sesendoh teh adonan, bentuk bulat lonjong sebesar biji salak. Lakukan hingga semua adonan habis terbentuk.
3-> Rebus air, daun pandan, campuran gula merah dan garam, masak hingga gula larut. Saring. Didihkan kembali.
4-> Masukkan biji salak dan masak hingga matang. Terakhir tuangkan larutan kanji, aduk kembali hingga matang.
5-> Sajikan dengan cara tuangi bubur ke dalam mangkok, lalu beri santan.

Tips Membuat Kolak Biji Salak Agar Terasa Lebih Lezat.

1->Gunakan ubi yang sudah tua dengan jenis ubi seperti ubi jalar kuning, merah atau ubi Jepang untuk       rasa yang legit
2-> Masak ubi berikut kulitnya sehingga kandungan karotennya tidak hilang

Sumber :
 http://www.kulineri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar